ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemkot dan DPRD Batu Sepakati Raperda APBD 2023 Kota Batu Rp992,960 M

December 1, 2022 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU – Pemerintah Kota Batu bersama DPRD Kota Batu menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp992,960 M. Hal itu ditandai dengan penandatanganan oleh Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi SP, dan Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Kota Batu, Rabu (30/11).

Juru Bicara DPRD Kota Batu, Heli Suyanto, dalam penyampaian pendapat DPRD menjelaskan  ada beberapa catatan untuk APBD 2023.

Disebutkan  target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada tahun 2023, dinaikkan menjadi Rp 250 Miliar. Sementara itu, RPD Tahun 2023 – 2026 yang sudah disepakati bersama dengan DPRD, merupakan data konkret Urgenitas Prioritas Daerah yang perlu untuk diwujudkan.

Namun ada beberapa pengecualian penambahan anggaran bagi 3 kecamatan dan kelurahan untuk peningkatan pelayanan masyarakat, pembelian alat berat untuk kesiap-siagaan bencana. Sedangkan untuk Art Center, Gudang Aset, Depo Arsip diundur dan diganti dengan kegiatan yang sangat urgent di 2023.

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengaku bersyukur pembahasan dan persetujuan Raperda APBD 2023 dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya melalui proses perundang-undangan yang berlaku.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko

“Melalui kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kota Batu, khususnya Badan Anggaran DPRD bersama Tim Anggaran Pemerintah Kota Batu,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga berharap dengan telah disetujuinya Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kota Batu Tahun anggaran 2023, nantinya akan dihasilkan profil anggaran yang partisipatif, akuntabel dan berorientasi kepada kepentingan rakyat.

“Dengan kata lain, semoga program kegiatan yang telah kita rencanakan mampu menjawab dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi masyarakat serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Batu,” ujar Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, rapat ini mungkin adalah yang terakhir dihadiri oleh dirinya dan juga Wakil Wali Kota Punjul Santoso. Hal ini dikarenakan tugas Wali Kota dan Wakil Wali Kota berakhir di akhir Desember 2022.

“Selama 5 tahun membangun Kota Batu, kami menyampaikan terima kasih kepada Ketua, Wakil Ketua dan seluruh anggota DPRD beserta jajaran Forkopimda, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta rekan-rekan pers, atas dukungan dan bantuan yang diberikan dalam penyelenggaraan kegiatan pemerintahan dan pembangunan di Kota Batu selama kepemimpinan kami,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota juga berharap program prioritas yang belum terlaksana bisa menjadi bahan kajian dan pertimbangan untuk dilanjutkan pada tahun mendatang oleh Penjabat Kepala Daerah yang baru.(bs)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.