ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kepariwisataan Kaltim Harus Dibangun Lebih Baik

March 15, 2013 by  
Filed under Wisata

Share this news

SAMARINDA – vivaborneo.com, Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak meminta para pemangku kepentingan terkait bidang pariwisata untuk giat belajar pengembangan kepariwisataan dengan menempuh pendidikan kepariwisataan. Tujuaannya agar pemangku kepentingan pariwisata dapat membangun kepariwisataan Kaltim yang lebih baik.

“Satu pelajaran menarik pada kegiatan di Berlin kemarin, bagaimana mempersiapakan dulu infrastruktur penunjang kegiatan pariwisata. Daerah Tujuan Wisata (DTW) yang ada di Kaltim harus dilengkapi dulu infrastrukturnya. Penerbangannya harus bagus, pelabuhan lautnya harus bagus, serta hotel dan restauran juga harus bagus,” kata Gubernur Faroek ketika dikonfirmasi soal hasil keikutsertaannya bersama Presiden RI pada pameran International Tourism Bourse (ITB), 5 – 10 Maret di kota Berlin, Jerman, di Samarinda, Kamis (14/3).

Oleh karenanya, para pemangku kepentingan pariwisata seperti maskapai penerbangan, biro perjalanan, Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) harus mampu mengimbangi program pengembangan sektor pariwisata yang direncanakan Pemerintah Daerah (Pemda). Artinya, pemangku kepentingan pariwisata harus menyesuaikan program pengembangan usahanya dengan rencana pengembangan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Dengan demikian, diharapkan mampu mendukung cita-cita Kaltim menjadi daerah tujuan wisata dunia. Disamping mensukseskan tekad menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu lokoltif baru perekonomian Kaltim.
Seperti diketahui, Gubernur Kaltim bersama Gubernur se Indonesia mengikuti rombongan Presiden RI pada kegiatan kepariwisataan tersebut. Indonesia sendiri menjadi negara mitra dalam kegiatan tersebut.

Intinya bagaimana mampu menciptakan peluang-peluang bidang pariwisata.”Kita mencontoh katakanlah Spanyol, bahkan yang terakhir Negara Timur Tengah seperti Dubai. Peningkatan arus turisnya luar biasa. Ini yang ingin kita lakukan. Bagaimana mampu menarik sebanyak-banyaknya wisatawan berkunjung ke daerah tujuan wisata di Kaltim,” tandasnya. (vb/arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.