ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Dispar Kaltim Ikuti Bali Beyond and Travel Fair

June 18, 2022 by  
Filed under Wisata

Share this news

BALI – Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui Dinas Pariwisata (Dispar)  mengikuti pameran terbesar internasional bertajuk “Bali Beyond and Travel Fair (BBTF)” di Bali International Convention Center (BICC), The Westin Resort Nusa Dua Bali.

BBTF 2022 merupakan pameran pariwisata yang fokus mempromosikan sektor pariwisata kepada dunia dengan mempertemukan 270 buyers (pembeli) dari 30 negara diantaranya Australia, Belanda, Malaysia, Singapura, Turki, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, dan Nigeria dengan 183 sellers dari 30 kabupaten/kota di 13 provinsi di Indonesia.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kaltim Restiawan Baihaqi menjelaskan dalam partisipasinya dalam BBTF diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan melalui usaha dan industri perjalanan wisata.

“Kami ingin  Kaltim dapat lebih dikunjungi para wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan paket-paket wisata yang sudah matang kita siapkan. Saat ini momen kebangkitan  kunjungan pariwisata telah dimulai dari Bali sebagai jantungnya Pariwisata Indonesia,” ujar Baihaqi dalam rilis yang diterima redaksi , Kamis (16/5/2022).

Dikatakan, Dispar Kaltim membawa dua usaha  wisata  yakni Travydoor Tour dan Travel serta  PT. Surga Hijau Lestari yang merupakan mitra dari Dispar dalam memasarkan paket-paket wisata, khususnya wisata bahari (wisata laut dan pantai) maupun ekologi wisata (wisata alam).

Dijelaskan Baihaqi, jumlah kunjungan wisatawan luar negeri ke Kaltim masih rendah yaitu hanya berjumlah 882 pada triwulan II tahun 2022. Kunjungan ini juga tidak seluruhnya untuk berwisata namun ada juga yang hanya untuk keperluan bekerja dalam waktu yang terbatas. Sedangkan wisatawan domestik atau wisatawan nusantara yang berkunjung ke Kaltim  berjumlah 445.414 orang.

Sementara  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat membuka Bali & Beyond Travel Fair (BBTF) 2022 mengatakan,  jika kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana promosi bagi pariwisata Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan.

“Targetnya, kunjungan turis domestik maupun mancanegara kian naik, kian pulih, mendekati kunjungan sebelum pandemi Covid-19 sebelum tahun 2020. Apalagi saat ini trennya bukan lagi pariwisata massal (mass tourism) ke arah jenis pariwisata perorangan yang lebih menekankan kualitas,” jelasnya.

Menteri Sandi mendukung Bali & Beyond Travel Fair 2022 akan membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta membuka peluang usaha sekaligus membuka lapangan kerja.

“Target nilai transaksi dalam BBTF 2022 sebesar Rp 5,2 triliun atau meningkat 22 persen dibandingkan realisasi transaksi di BBTF 2021 sebesar Rp 4 triliun. Ke depan mengarah ke wellness tourism, health tourism, sport tourism, dan MICE atau Meeting, Incentive, Convention, Exhibition,” ujar Sandiaga. (yul)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.