ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Puluhan Paguyuban dan Komunitas Seni Ramaikan Kirab Kukar Festival Budaya Nusantara

July 9, 2023 by  
Filed under Wisata

Share this news

TENGGARONG – Puluhan paguyuban, sanggar tari serta komunitas seni budaya yang ada di wilayah Kukar itu memeriahkan kirab budaya Kukar Festival Budaya Nusantara tahun 2023 ditandai dengan pemukulan beduk dan pengangkatan bendera star, Minggu (9/7/2023) pagi.

“Kita harus terus berupaya untuk tumbuh dan berkembang, dengan menghadirkan berbagai festival budaya melalui karya seni yang  inovatif dan kreatif dengan tetap  menjaga keaslian/kemurnian nilai seni dan budaya yang dimiliki,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono dampingi Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadi Raharjo saat melepas kirab budaya star di depan sekretariat Gerbang Raja Jalan Akhmad Muksin dan berakhir di halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Dikatakan Sunggono, melalui agenda kepariwisataan di daerah secara berkelanjutan yang memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi menyongsong terwujudnya pembangunan Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

Sunggono juga berharap kemajuan teknologi informasi dapat dimanfaatkan sehingga kirab budaya ini bisa disaksikan masyarakat nusantara dan dunia. Sejarah adat budaya dan potensi alam lingkungan dapat diceritakan melalui berbagai festival budaya yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah maupun masyarakat di daerah.

Kirab budaya tersebut diawali Prajurit Kesultanan Kutai yang berjumlah 21 orang lengkap dengan seragam dan persenjataan dan ditutup Ogoh-ogoh (boneka raksasa) dari Paguyuban Bali. (kk05)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.